6 Kenapa Begitu Pentingnya Ibu Hamil Jaga Kesehatan Gigi

6 Kenapa Begitu Pentingnya Ibu Hamil Jaga Kesehatan Gigi

Keykeyla Kesehatan - 6 Kenapa Begitu Pentingnya Ibu Hamil Jaga Kesehatan Gigi. Selamat datang temen - temen semua, saia harap anda semua baik baik saja, pada kesempatan ini saya akan berbagi 6 Kenapa Begitu Pentingnya Ibu Hamil Jaga Kesehatan Gigi, tidak ada salahnya anda yang sedang mencari berbagai macam tips tentang kesehatan, untuk selalu mempelajari dan menyimpan semua menjadi 1000 macam cara tips tentang kesehatan.

6 Kenapa Begitu Pentingnya Ibu Hamil Jaga Kesehatan Gigi

Semua orang pada umunya ingin mempunyai tubuh yang sehat dan kuat, dengan adanya 6 Kenapa Begitu Pentingnya Ibu Hamil Jaga Kesehatan Gigi ini semoga bisa membantu temen - temen semua untuk mengatasi berbagai macam masalah kesehatan, yuk kita simak 6 Kenapa Begitu Pentingnya Ibu Hamil Jaga Kesehatan Gigi yang akan di kupas tuntas di blog saia ini. Berikut adalah 6 Kenapa Begitu Pentingnya Ibu Hamil Jaga Kesehatan Gigi.

6 Kenapa Begitu Pentingnya Ibu Hamil Jaga Kesehatan Gigi

Informasi lebih lanjut Seputar Kesehatan http://keykelakes.blogspot.com/
1. Tatkala kehamilan ibu membutuhkan asupan zat makanan bergizi. 
Seandainya ibu hamil mengalami kesukaran terhadap mulut & gigi sehingga kepentingan pemenuhan makanan tersebut dapat terganggu. Terutama jika ibu hamil mengalami karies atau gigi keropos & berlubang ibu tak sanggup mengunyah makanan bersama baik, akibatnya gizi janin kurang & bayi mengalami kendala pertumbuhan dalam kandungan. 
2. Ibu hamil mengalami perubahan hormon baik itu progesteron ataupun estrogen. 
Resiko dari perubahan hormon kehamilan itu mampu mempengaruhi kesehatan mulut & gigi, sampel ibu hamil trimester mula-mula tidak jarang muntah & kelebihan air liur, rasanya mau meludah tetap menerus. Jika tak rajin kumur & menggosok gigi sehingga kuman & bakteri penyakit gampang tumbuh, bau mulut (halitosis) & jamur atau sariawan kepada rongga mulut. 
3. Peningkatan risiko terjadinya pembengkakan gusi ataupun perdarahan terhadap gusi. 
Factor ini sebab berjalan pelunakan dari jaringan daerah gusi akibat peningkatan hormon. kadang timbul benjolan-benjolan berwarna babak belur kemerahan terhadap gusi, & gusi enteng berdarah 
4. Terganggu kenyamanan & kurang istirahat akibat tidak jarang sakit gigi & ngilu. 
Kepada disaat hamil keadaan gigi yg mengalami caries dapat bertambah parah akibat penyerapan kalsium dari badan ibu hamil yg dibutuhkan bayi utk proses pertumbuhan. 
5. Ibu hamil dgn kondisi gigi yg rusak pass parah bakal merangsang keluarnya hormon prostaglandin. 
Hormon bersifat merangsang timbulnya kontraksi kepada rahim. Apabila tetap menerus rahim berkontraksi sehingga kelahiran prematur bahkan keguguran akan berlangsung. 
6. Infeksi kepada gigi ibu hamil bakal menginfeksi janin dalam kandungan. 
Menurut hasil penelitian yg dimuat Journal Of Obstetrics Gynecology, Yiping Han peneliti dari Case Western Reserve University th 2010, melaporkan ibu yg gusinya terinfeksi bisa menularkan infeksi terhadap janin lewat peredaran darah plasenta. Kepada kasus yg diteliti ini terbukti kuman Fusobacterium nucleatum yg menginfeksi gusi ibu ditemukan dalam badan janin & mengakibatkan keguguran. Sementara itu North Carolina menemukan kenyataan bahwa Bakteri Streptococcus mutans juga sebagai penyebab gigi berlubang sanggup tersebar ke semua badan lewat sirkulasi darah, & seterusnya akan mencapai jantung & menyebabkan kesukaran kepada jantung ibu hamil.(kutipan, Intisari 2010) 
Bagaimanakah pencegahan yg bisa dilakukan utk menjaga kesehatan mulut & gigi? 
Sebelum hamil : 
1. Melakukan penyikatan gigi dengan cara benar & kegiatan sikat melingkar bersama hati hati di sela – sela gigi. Sikat gigi arah atas ke bawah & sebaliknya arah bawah ke atas. 
2. Menyikat gigi dengan cara rutin dgn pasta gigi yg cocok dua kali sehari & tengah malam menjelang tidur 
3. Hindari makanan terlampaui panas,dingin & asam, ngemil & menggigit makanan yg terlampaui keras. 
4. Hindari tradisi menusuk lubang kepada gigi, lebih-lebih bersama fasilitas yg tak bersih. Apabila terdapat lubang, melaksanakan perawatan gigi ke dokter. 
5. Jika memakai gigi palsu yg mampu dilepas melaksanakan perawatan dgn disikat bersih & di rendam bersama cairan obat kumur biar tak tumbuh jamur atau bakteri 
6. Bersihkan plak atau karang gigi dengan cara rutin ke dokter gigi. Enam bln sebelum menikah teliti kesehatan gigi & mulut ke dokter 
7. Hindari rutinitas merokok, sebab racun nikotin merusak lapisan gigi 
Pedoman merawat gigi kepada ibu hamil : 
1. Pakai sikat gigi yg lembut & ukuran yg serasi. 
2. Terhadap diwaktu ibu hamil muntah atau tidak jarang mengeluarkan air liur jangan sampai lupa utk berkumur, mampu dgn air hangat yg dibubuhi garam. Kumur dgn air hangat pun berguna buat membersihkan sisa lemak - lemak kepada rongga mulut & sela gigi 
3. Kalau butuh memilih pasta gigi yg tak merangsang terjadinya alergi, terutama buat gusi yg sensitif 
4. Melaksanakan penyikatan gigi dengan cara benar & aktivitas sikat melingkar dgn hati hati di sela – sela gigi. Sikat gigi arah atas ke bawah & sebaliknya arah bawah ke atas. 
5. Jikalau ada kesukaran kesehatan terhadap mulut yg butuh memakai obat kumur, sebaiknya memperhatikan label terhadap kemasan berkenaan keterangan kontra indikasi buat ibu hamil . Pemakaian obat kumur terutama buat mengatasi bakteri penyebab bau mulut ataupun membersihkan keasaman terhadap rongga mulut bagi ibu hamil butuh berkonsultasi dgn dokter gigi. 
6. Apabila memiliki gigi palsu jalankan perawatan gigi palsu dengan cara rutin 
7. Mengkonsumsi buah buahan berserat yg tidak sedikit mengandung vitamin C 
8. Penuhi keperluan kalsium cocok bersama arahan dokter atau bidan, terutama dari sumber zat makanan alami.

Itulah yang bisa saia sampaikan tentang artikel yang menjadi pembicaraan dalam postingan ini 6 Kenapa Begitu Pentingnya Ibu Hamil Jaga Kesehatan Gigi. Tentunya begitu banyak kekurangan dalam bahasan materi yang saia sampaikan, hal itu karena keterbatasan pengetahuan saia, rujukan dan referensi yang berkaitan dengan postingan ini. Saya akan senang sekali jika teman - teman semua bisa membrikan kritik dan saranya sebagai bentuk kritik yang membangun untuk kesempurnaanya artikel saia ini. Semoga artikel saia ini bermanfaat. Aamiin 

0 Responses to “6 Kenapa Begitu Pentingnya Ibu Hamil Jaga Kesehatan Gigi”

Post a Comment